Buku Wajah MUI Medan Mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin Diluncurkan

BUKU WAJAH MUI MEDAN MEWUJUDKAN ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DILUNCURKAN

2 minggu 1 hari 12 jam 18 menit yang lalu 06 Okt 2020 Berita 52
Ket Gambar : Prof. Dr. H. Mohd. Hatta menyerahkan buku Wajah MUI Medan Mewujudkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin kepada Pjs Walikota Medan

Buku Wajah MUI Medan Mewujudkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin diluncurkan, Sabtu (3/10) di aula kantor Majelis Ulama Indonesia Kota Medan. Peluncuran buku dirangkai dengan menyongsong 70 tahun Prof Dr H Mohd. Hatta.

Ketua MUI Kota Medan, Prof Dr H Mohd Hatta mengatakan, ide kalimat rahmatan lil ‘alamin adalah dari kalimat Allah yakni ” Nabi Muhammad SAW itu diutus untuk rahmatan lil ‘alamin yakni rahmat yang dihadiahkan oleh Allah kepada seluruh alam semesta.

“Ucapan terimakasih kepada seluruh unsur pengurus MUI Kota Medan tingkat kecamatan yang telah mendedikasikan dirinya demi Allah”, ujar Hatta.

Kemudian juga melalui diskusi-diskusi panjang dan seminar dengan melibatkan banyak pihak dengan melahirkan konsep bagaimana mewujudkan Kota Medan yang rahmatan lil ‘alamin. Baik menata kebersihan, lingkungan hidup dan lainnya yang rahmatan lilalamin. Demikian halnya tentang ekonomi keumatan dan memberi perlindungam makanan dan minuman yang halal dan baik bagi masyarakat dalam mewujudkan Islam rahmatan lil alamin itu sendiri.

“Inilah yang kami lakukan di MUI Kota Medan dalam memberikan kontribusi bagi umat,” ujar Hatta, seraya mengingatkan bahwa tantangan dalam mewujudkan rahmatan lilalamin sangat lah berat.

Disebutkan, buku ini merupakan cerminan dari kerja bersama seluruh pengurus MUI Kota Medan selama tiga tahun belakangan. Buku ini dibuat dalam rangka apresiasi kepada para pengurus, utamanya yang ada disetiap komisi yang ada di MUI untuk menunjukkan kinerja dan apa yang telah dilaksanakan. “Sekaligus juga dalam rangka kado bagi masa purnabakti saya sebagai guru besar karena telah menginjak usia 70 tahun” ujar Hatta.

Diharapkan buku ini dapat menjadi rujukan dan tampilan MUI yang dapat jadi teladan dalam menampakkan wajah Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Hatta menyampaikan apresiasi atas peran semua pihak dalam bersinergi mewujudkan rahmatan lil alamin bersama MUI Kota Medan.

Pjs Walikota Medan H Ir Arief Sudarto Trinugroho, MT oada kesempatan itu mengajak peran masyarakat untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid 19. Dalam ajaran Islam sudah diajarkan dalam memutus mata rantai Covid 19 ini, yakni dengan mencuci tangan setiap saat melalui wudhu.

“Selamat atas peluncuran buku ini dan selamat menyongsong usia 70 tahun kepada M Hatta,” ujar Arief.

Acara yang bertemakan “Hidup Adalah Prestasi, Sebaik baik Prestasi adalah yang Dikenang Oleh Generasi Berikutnya,” itu dihadiri Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Dandim 0201 BS Medan, Ketua MUI Sumut Prof Dr Abdullahsyah, Kementrian Agama Wilayah Sumut, tokoh agama, tokoh masyarakat, para Rektor, dan pengurus MUI tingkat kecamatan se Kota Medan.

Peluncuran buku diawali dengan pengantar pengenalan tentang isi buku oleh Wakil Ketua Umum MUI Medan, Dr Hasan Matsum MA. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian narasi buku setebal 223 halaman oleh Prof Dr H Syahrin Harahap.

Menurut Prof Syahrin, ada tiga pesan rahmatan lil ‘alamin yang disampaikan dalam buku ini, yakni keselamatan, kepedulian dalam memberi bantuan, dan pesan kasih sayang.

Pesan kasih sayang yang paling sulit untuk diwujudkan. “Kerena kompetisi politik kasih sayang itu bisa hilang”.

Pada kesempatan itu Syahrin mengusulkan Prof Dr H Mohd Hatta sebagai tokoh dakwah rahmatan lil ‘alamini. “Kalau boleh saya mengusulkan Prof Dr H Mohd Hatta sebagai tokoh rahmatan lil ‘alamin. Karena selama dia menjalankan tugas sebagai Ketua MUI selalu menerapkan kasih sayang, dan kepeduliannya terhadap kepentingan umat,” ujar Syahrin.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Drs H Burhanuddin Damanik, menyampaikan, kegiatan ini adalah menyongsong 70 tahun Prof Dr H Mohd Hatta dengan tujuan tersosialisasinya pengurus MUI Kota Medan dan program kerja dalam mewujudkan Islam rahmatan lil ‘alamin.

Acara ini, sebut Burhan, dihadiri 74 orang pengurus MUI Kota Medan, ditamba pengurus MUI tingkat kecamatan dan undangan. Kegiatan ini tetap mematuhi protokol.kesehatan.

Dalam acara itu diwarnai pemotongan tumpeng ulang tahun oleh Mohd Hatta didampingi istri, serta ditutup dengan pembacaan doa oleh H Ali Murthado.