Walikota Medan Ajak MUI Berkolaborasi Dalam Membangun Umat

WALIKOTA MEDAN AJAK MUI BERKOLABORASI DALAM MEMBANGUN UMAT

1 bulan 2 minggu 4 hari 8 jam 59 menit yang lalu 07 Mei 2021 Berita 19
Ket Gambar : Hasan Matsum Pimpin Rapat Pleno Perdana MUI Kota Medan Masa Khidmat 2021-2026

Walikota Medan melalui Wakil Walikota H Aulia Rachman SE, mengajak pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk berkolaborasi dalam membangun umat. Walikota Medan Ajak MUI Berkolaborasi Dalam Membangun Umat.

Pemerintah Kota Medan mempunyai harapan besar kepada MUI untuk selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah keuangan dan berkolaborasi.

“Pemko Medan memiliki visi dalam membangun generasi muslim, yakni  melahirkan penghafal Quran satu tanfiz setiap satu masjid. Untuk mewujudkan ini Pemko Medan perlu kolaborasi dengan MUI. Begitu juga program pembangunan keumatan,” ujar Aulia, saat acara pengukuhan dan ta’aruf pengurus MUI Medan masa khidmat 2021-2026, di Kantor MUI Jalan Amaliun Medan, Senin (12/4/2021).

Aula juga mengajak MUI Kota Medan untuk bergandeng tangan untuk membangun Kota Medan yang lebih baik lagi.

Wakil Walikota Medan juga meminta agar MUI dapat sebagai penyeimbang. “Kehadiran MUI adalah sebagai tonggak keamanan khususnya Kota Medan yang multi etnis dan multi agama dan juga selalu dijadikan kiblat bagi masyarakat dalam mengambil sebuah keputusan,” ujar Aulia.

Ketua Umum MUI Sumut, Dr Maratua Simanjuntak, mengingatkan agar MUI merupakan tenda besar bagi masyarakat. Mampu mengajak lembaga atau ormas ormas yang mengatasnamakan Islam, tanpa ada batas.

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kota Medan, Prof Dr Moh Hatta menyampaikan keberhasilan yang dicapai selama ini berkat kebersamaan. Hatta menyampaikan bahwa, paling sulit adalah berkomunikasi.

Memang komunikasi tidak dapat menyelesaikan semua masalah, tapi bisa sebagai obat.

“Tantangan MUI itu berat baik dari umat maupun pejabat, karenanya bangunlah komunikasi,” ujar Hatta.

Dikatakan Hasan Matsum, MUI punya kepentingan dalam membangun ekonomi umat,  memakmurkan masjid dan persoalan keumatan lainnya. Berkolaborasi dalam berbagai bidang.

Tokoh masyarakat Sumut, Datok Sri H Syamsul Arifin SE, berharap agar ulama tidak memihak dan selalu mengutamakan kepentingan umat.

Syamsul Arifin menitipkan MUI agar berjalan sesuai dengan fungsinya dan kerja keras dalam memperjuangkan kepentingan umat. Peran ulama masih tetap dibutuhkan umat, ” ujar Syamsul Arifin.

Sebelumnya Ketua panitia Pengukuhan dan Ta’aruf H Burhanuddin Damanik melaporkan, kegiatan ini merupakan amanat pedoman dasar MUI Kota Medan sebagai tahap lanjutan Musyawarah Daerah ke VIII pada 30 Maret 2021.

Tujuannya adalah terwujudnya legalitas formal kepengurusan MUI Kota Medan masa khidmat 2021-2026. Sekaligus silaturahmi sesama pengurus yang baru dikukuhkan.