Dalil Makan Sebelum Shalat Idul Fitri

DALIL MAKAN SEBELUM SHALAT IDUL FITRI

3 minggu 5 hari 9 jam 6 menit yang lalu 29 Mei 2021 Tanya Jawab 22
Ket Gambar : gambar dari internet

Tanya:

Assalamu’alaikum wr. wb

Pak Ustadz, saya pernah dengar bahwa sunnah kalau sebelum berangkat shalat idul fitri kita makan terlebih dahulu. Bolehkah saya diberi penjelasan tentang dalilnya? Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb

(Amin, Medan Kota)

Jawab:

Wa’alaikumsalam wr.wb

Terima kasih atas pertanyaannya. Dalil terkait tentang sunnahnya makan sebelum berangkat shalat idul fitri adalah bersumber dari hadis Rasulullah Saw. Dari Anas bin Malik ra. berkata, “Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fithri hingga beliau memakan beberapa kurma.” (HR. Bukhari)

Kesunnahan ini baru akan kita dapatkan, jika kita memahami bahwa makan tersebut memang dianjurkan. Bahkan, lebih baiknya diniatkan untuk mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah Saw. Sebab dengan adanya niat mengikutinya, kita sedang mengamalkan firman Allah Swt, “Katakanlah (wahai Muhammad kepada umatmu): Jika kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa kalian“. (QS. Ali Imron: 31)

Semoga penjelasan ini memberikan manfaat dan tidak menimbulkan keraguan tentang sunnahnya makan sebelum berangkat pergi menunaikan shalat idul fitri. Aamin. Wallahua’lam bish shawab.

Wassalamu’alaikum wr. Wb

Suaif Rizal, S.Pd.I

(Anggota Komisi Informatika dan Komunikasi MUI Kota Medan)

Tulisan tanya jawab ini telah terbit di harian Waspada pada tanggal 05 Mei 2021