Agar Lebih Ikhlas dan Sabar

AGAR LEBIH IKHLAS DAN SABAR

3 minggu 4 hari 8 jam 17 menit yang lalu 30 Mei 2021 Tanya Jawab 121
Ket Gambar :

Tanya:

Assaamu’alaikum wr. wb

Pak Ustadz, Bagaimana sebenarnya cara supaya kita bisa lebih ikhlas dan sabar menghadapi semua ujian hidup? Terima kasih. 

Wassalamu’alaikum wr. wb

(Masni)

Jawab:

Wa’alaikumsalam wr. wb

Terima kasih atas pertanyaannya. Agar kita bisa lebih ikhlas dan sabar dalam menjalani hidup ini, kita harus belajar dari kisah-kisah orang terdahulu, seperti kisah para nabi Allah ta’ala. Di antaranya, kisah Nabi Ayyub as. Dulunya seorang yang kaya, akhirnya diuji menjadi orang yang tak punya apa-apa. Dulunya punya anak, hingga diuji oleh Allah dengan wafatnya anaknya satu persatu. Bahkan, diuji dengan penyakit yang bertahun-tahun baru sembuh. 

Belajarlah dari Nabi Ayyub as. Sudahkah penderitaan kita lebih dari apa yang dialami oleh Nabi Ayyub as? Sudahkah kita memiliki akidah seperti Nabi Ayyub as., yang percaya bahwa segala sesuatu adalah kehendak Allah dan Dia ingin selalu kita dekat dengan-Nya, sehingga dengan ujian tersebut kita menjadi hamba yang selalu mengingat kepada-Nya.

Semoga dengan mempelajari kehidupan para Nabi Allah kelak kita juga akan menjadi hamba-Nya yang memiliki kesabaran dan keikhlasan dalam menjalani hidup persis seperti para nabi Allah ta’ala. Wallahua’lam bish shawab.

Wassalamu’alaikum wr. wb