Pengurus MUI Harus Patuhi Panca Tertib

PENGURUS MUI HARUS PATUHI PANCA TERTIB

3 minggu 7 jam 6 menit yang lalu 03 Jun 2021 Berita 154
Ket Gambar : Ketua umum MUI Sumut Dr. H. Maratua Simanjuntak memberi arahan dalam Silaturrahim MUI Prov Sumut ke MUI Kota Medan

Sebagai pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus menjadi tauladan di tengah-tengah umat. "Mampu menempatkan diri sebagai contoh yang baik dan berahlak yang baik, " ujar Ketua Umum MUI Sumatera Utara, Dr H Maratua Simanjuntak, dalam kunjungan kerja ke kantor MUI Kota Medan, Kamis (3/6/2021).

Dikatakan Maratua, MUI Sumut mencanangkan Panca Tertib bagi pengurus MUI yang bisa menjadi acuan dalam menjalankan roda organisasi dan sosial kemasyarakatan. Panca Tertib itu adalah, Tertib Diri, Tertib Ibadah, Tertib Waktu, Tertib Adminitrasi, dan Tertib Lingkungan. 

Pada kesempatan itu Maratua menjelaskan, salah satu program kerja MUI Sumut adalah melakukan konsolidasi organisasi dengan melakukan kunjungan khusus ke MUI kabupaten/kota. Langkah awal adalah mengunjungi MUI Kota Medan. 

"Tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk menyamakan persepsi antara pengurus MUI kabupaten/kota Kota dengan Provinsi Sumatera Utara. Banyak hal yang harus diperbaharui dan penyelarasan administratif sesuai ketentuan organisasi," ujar Maratua Simanjuntak.

Selain itu Sekretaris Umum MUI Sumut, Prof Dr Asmui menyampaikan paparan tentang visi dan misi MUI dalam menjalankan roda organisasi. 

Sementara Ketua Umum MUI Kota Medan, Dr H Hasan Matsum M. Ag, menyampaikan program kerja organisasi antara lain, yang sudah dikerkan pasca dilantik pada satu hari sebelum Ramadhan. 

Disampaikan, secara tekhnis program kerja terkendala dengan adanya Covid -19, namun program-program kerja berjalan dengan baik. Salah satunya adalah menyampaikan dukungan terhadap Palestina melalui Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), termasuk himbauan untuk menggalang dana kemanusiaan untuk warga Palestina, himbauan tentang pelaksanaanzakat, dan solat ghaib bagi korban kapal selam Nanggala 402, dan persoalan Masjid Amal Silaturrahim. 

Disebutkan Hasan Matsum, secara keseluruhan program kerja yang disusun telah mencakup tiga bidang kluster garapan MUI, yaitu peningkatan kualitas kehidupan keagamaan, peningkatan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan ekosistem industri halal.

"Karenanya MUI Kota Medan berharap program untuk memberikan perlindungan umat terhadap kepastian makanan yang sehat dan halal, dengan memfungsikan kembali LPPOM MUI Medan sebagai LPPOM khusus, " ujar Hasan Matsum. 

Hadir dalam acara itu, jajaran pengurus MUI Sumut dan MUI Medan diantaranya Wakil Ketua Umum H Burhanuddin Damanik, Sekretaris Umum dr Syukri Albani MAg, para Ketua dan Sekretaris Komisi MUI Kota Medan, Ketua dan Sekretaris Umum MUI kecamatan se Kota Medan.