Etos Puasa di Bulan Ramadhan

ETOS PUASA DI BULAN RAMADHAN

1 tahun 2 bulan 4 hari 12 jam 29 menit yang lalu 21 Apr 2023 Tanya Jawab 341
Ket Gambar :

Etos Puasa di Bulan Ramadhan

Oleh Muhammad Syukri Albani Nasution

 

Tanya :

Setiap Mukmin diperintahkan untuk berpuasa pada bulan Ramadan, tapi kita juga mendapati hadis nabi bahwa banyak orang yang berpuasa hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, Mohon penjelasan ustad.

 

Jawab:

Rasul memang menegaskan bahwa nanti kita akan bertemu dengan banyak orang yang berpuasa hanya sekedar menahan lapar dan dahaga.

Inilah yang menjadi argumentasi dasar kenapa puasa itu berbeda dengan orang yang lapar dan haus.

Dalam terminologi puasa, kekuatan utamanya adalah pada niat, tujuannya adalah melaksanakan semua perintah Allah secara total, melibatkan keikhlasan dan kedamaian hati, sebab mengerjakannya hanya karena Allah, tidak pamrih pada urusan keduniaan dan belajar mendapati hikmah dalam setiap kepatuhannya.

Dari sinilah seseorang yang berpuasa itu akan terus dibelajarkan untuk memaknai bahwa tidak makan dan tidak minum dalam konteks berpuasa itu bukan ceremoni jasmaniah, tapi lebih kepada kemampuan untuk mengakselerasi bahwa di diri manusia bila patuh kepada Allah dengan total, maka rasa lapar dan haus tidak menyebabkan kelaparan dan kehausan. Sehingga semua orang yang mencari dunia tidak akan tergila dengan suasana keduniaan.

Begitu juga dengan orang-orang yang sedang berikhtiar mendapati kemenangan usaha dunianya, dia tidak akan tamak dan rakus sehingga mengkhianati peran kemanusiaannya di tengah-tengah masyarakat.

Semoga kita selalu mendapat kemudahan dari Allah amin