MUI Medan Imbau Umat Islam Berqurban

MUI MEDAN IMBAU UMAT ISLAM BERQURBAN

6 bulan 2 minggu 3 hari 23 jam 22 menit yang lalu 08 Jul 2021 Berita 216
Ket Gambar :

Dewan Pimpinan (DP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan mengimbau umat Islam yang memiliki kecukupan materi untuk melaksanakan ibadah kurban di Hari Raya Idul Adha pada 20 Juli 2021. Sebab ibadah kurban ini tidak hanya diperhatikan syariat nya saja, tapi juga keikhlasan dari yang berkurban agar ibadah tersebut diterima Allah SWT.

Hal ini dikatakan Ketua Umum MUI Kota Medan, Dr Hasan Matsum, MAg kepada Waspada, Rabu (7/7). “Kaitan ibadah kurban ini harus ada diperhatian syariat dan keikhlasan. Apalagi memang dalam masa pandemi yang menganggu perekonomian masyarakat ini, maka yang mau melakukan ibadah kurban harus ikhlas hanya karena Allah SWT,” katanya.

Ia juga meminta pelaksanaan penyembelihan hewan kurban nantinya tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran covid 19 yakni jaga jarak aman daging yang telah disembelih dan tidak terlalu banyak umat berkerumunan untuk mengambil daging kurban.

“Kalau perlu buat pembatas antara daging kurban dengan masyarakat yang dayang agar daging itu terjaga higienis nya,” kata Hasan.

Kemudian Hasan Matsum juga mengingatkan agar penyembelihan hewan kurban melalukannya dengan tata tertib penyembelihan secara hewani yakni tidak menyakiti hewan yang disembelih. Karena masih saja ditemukan dibeberapa tempat penyembelihan dengan cara menyakiti hewan yaitu mengikat kuat hewan, mengekang dengan kayu balok sdhingga hewan menjadi stres.

“Seharusnya ikatlah secara sederhana tidak menyakitkan, mata hewan ditutup ketika dibawa ke tempat penyembelihan. Kemudian disembelih dengan pisau yang tajam sehingga tidak menyakitkan dan memberi kenyamanan pada hewan yang disembelih. Karena tata tertib itu semua sesuai yang diperintahkan Allah dan Rasulullah Saw,” ungkapnya.

Dengan penyembelihan yang hewani itu, kata Hasan Matsum, maka yakinlah umat akan mendapatkan daging sembelihan yang empuk, struktur daging yang baik dan mudah diolah.

“Berbeda kalau hewan yang disembelih tidak baik, maka hewan itu stres dan dagingnya akan liat,” imbuhnya.