Ramadhan Bulan Persaudaraan

RAMADHAN BULAN PERSAUDARAAN

1 tahun 3 bulan 1 minggu 1 hari 11 jam 55 menit yang lalu 21 Apr 2023 Berita 268
Ket Gambar :

Ramadhan Bulan Persaudaraan

Oleh Muhammad Syukri Albani Nasution

 

Tanya:

Selain dari beramal secara ritual, Apakah amal lain yang bisa menambah kebaikan di bulan Ramadan?

 

Jawab:

Salah satu kemuliaan seorang mukmin dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan adalah kemampuan berbuat baik dan melakukan sesuatu yang manfaat kepada banyak orang. Ekspektasinya adalah amilus Sholihah (beramal sholeh), kemampuan mengelola diri untuk tidak hanya sempurna pada wilayah ritual, tapi juga memiliki manfaat pada urusan hubungan kemanusiaan.

Nilai yang mau dicari adalah, sangka baik banyak orang kepada kita, sehingga tidak hanya Allah yang memberikan grade kesempurnaan tapi juga manusia memberi kesaksian atas kebaikan yang kita berikan. Termasuk dalam konteks perselisihan bila itu terjadi.

Tidak ada yang paling mulia disisi Allah kecuali orang yang terus memperbaiki peran dirinya kepada kehidupan manusia.

Dalam Al Quran Surat Al Hujurat ayat 10 Allah Menegaskan " Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat."

Oleh karena itu salah satu perbendaharaan amal baik yang pantas kita akses, dan kita jadikan sebagai background kebaikan kita adalah bermanfaat kepada banyak orang, meyakini bahwa keimanan menjadi konteks kita saling bersaudara, saling memudahkan, dan saling membantu. Wallahu a'lam.