Komisi Pemberdayan Ekonomi Umat MUI Medan Fokuskan Peningkatan Ekonomi Keumatan

KOMISI PEMBERDAYAN EKONOMI UMAT MUI MEDAN FOKUSKAN PENINGKATAN EKONOMI KEUMATAN

1 bulan 2 minggu 4 hari 7 jam 35 menit yang lalu 07 Mei 2021 Berita 32
Ket Gambar : Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kota Medan Saat Sedang Melaksanakan Rapat Keja Komisi

Dalam kesimpulan program kerja pada pengurusan baru masa khidmat 2021-2026, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan akan memfokuskan pada peningkatan ekonomi keumatan.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kota Medan, Afif Abdillah, SE usai rapat program kerja komisi di Restauran Aljazeera, Jalan Wahid Hasyim Medan, Kamis (6/5/21) sore.

“Ekonomi keumatan harus ditingkatkan karena mampu mendongkrak perekonomian negara ini. Karena ekonomi keumatan akan banyak berdampak pada perekonomian rakyat,” ujarnya.

Dikatakan Afif, dalam peningkatan ekonomi keumatan tersebut, komisinya memiliki program workshop kewirausahaan untuk remaja mesjid, muzakarah sistem hutang piutang dalam muamalah dan asosiasi fatwa MUI tentang Multi Lavel Marketing (MLM).

Kemudian, lanjut Afif yang juga anggota DPRD Kota Medan ini, pembentukan forum pengusaha muslim Kota Medan, yakni dengan memberi bantuan material, pengetahuan dan pengalaman sesama pengusaha.

“Pengusaha muslim ini aset kita bersama membangkitkan ekonomi keumatan. Jadi kalau ada forum yang terbentuk, akan memudahkan komunikasi dan juga sharing ilmu serta bantuan dana sesama pengusaha,” ucapnya.

Afif juga menyatakan, komisi nya punya program kerja memiliki pembentukan mini market syariah serta membentuk pusat konsultasi bisnis syariah.

“Ekonomi keumatan ini juga guna memberi perlindungam makanan dan minuman yang halal dan baik bagi masyarakat dalam mewujudkan warga Kota Medan yang Rahmatan Lil’alamin. Dimana dalam kaitannya kepentingan umat yakni bagaimana umat bisa terbangun dalam tiga sisi arah yaitu arah akidahnya, arah syariatnya dan arah akhlaknya,” tutur Afif.