Rakerda MUI Kota Medan, Maratua Simanjuntak; Program Kerja MUI Kota Medan Harus Kuatkan Cinta dan Persaudaraan

RAKERDA MUI KOTA MEDAN, MARATUA SIMANJUNTAK; PROGRAM KERJA MUI KOTA MEDAN HARUS KUATKAN CINTA DAN PERSAUDARAAN

1 bulan 3 minggu 1 hari 23 jam 9 menit yang lalu 12 Jun 2021 Berita 85
Ket Gambar : Ketua Umum MUI Prov. Sumut Dr. H. Maratua Simanjuntak Menyampaikan Arahan dalam Rakerda MUI Kota Medan Sabtu 12/6/2021 di hotel Madani Medan

Dalam menjalankan program kerja organisasi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan harus memperhatikan dua hal, yakni cinta dan persaudaraan. "Mengapa penting persoalan cinta?. Anas. R. A berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "tidaklah termasuk beriman seseorang diantara kamu sehingga mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri". (H. R. Bukhari, Muslim, Ahmad, Nasa'i). Inilah salah satu alasan cinta sebagai landasan untuk menyusun program kerja," ujar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, H Maratua Simanjuntak, dalam acara Rapat Kerja MUI Kota Medan, Sabtu (12/6/2021) di Hotel Madani Medan.

Menurut Maratua, jika cinta sudah dijadikan sebagai landasan dalam menyusun program kerja, maka kepentingan organisasi diletakkan di atas kepentingan pribadi. Karenanya, masing-masing pengurus MUI harus menanamkan cinta terlebih dahulu kepada organisasi, sehingga kepentingan keumatan akan selalu menjadi prioritas.

Kemudian menguatkan rasa persaudaraan. Dengan persaudaraan yang kuat maka umat tidak mudah terpecah belah. Terlebih kepada umat Islam, Allah memberkahi banyak anugerah beberapa diantaranya adalah keteguhan agama dan persaudaraan.

"Persaudaraan juga memberi kita dorongan untuk selalu menjaga nilai-nilai silaturahmi antar umat muslim. Ini penting untuk menghindari perpecahan sesama umat muslim," ujar Maratua.

Dibagian lain Maratua juga menyampaikan saran dalam menyusun program kerja MUI Kota Medan ke depan, yakni program kerja konsolidasi organisasi, program kerja ekonomi keumatan melalui masjid mandiri, program ukhuwah islamiyah, dan gerakan anti narkoba.

Diingatkan juga, sebagai pengurus MUI harus mematuhi lima panca tertib, yakni tertib diri, tertib ibadah, tertib waktu, tertib adminitrasi, dan tertib lingkungan. "Dengan kebersamaan insyaAllah program kerja dapat dijalankan dengan baik," ujar Maratua.

Rakerda ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution.