MUI Kota Medan Selesai Rakerda, Ini Rekomendasi Untuk Pemko Medan

MUI KOTA MEDAN SELESAI RAKERDA, INI REKOMENDASI UNTUK PEMKO MEDAN

1 bulan 3 minggu 22 jam 31 menit yang lalu 13 Jun 2021 Berita 65
Ket Gambar : Ketua Panitia Rakerda MUI Kota Medan menyerahkan hasil Rapat Kepada Ketua Umum MUI Kota Medan Hasan Matsum, Sabtu 12-6-2021 di Madani Hotel Medan

MUI Kota Medan Selesaikan Rapat Kerja, Ini Rekomendasinya Untuk Pemko Medan 

 

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan tahun 2021, yang digelar Sabtu (12/6/2021), di Hotel Madani Medan menghasilkan berbagai rekomendasi yang ditujukan kepada Pemko Medan. 

Ketua Umum MUI Kota Medan, Dr. H Hasan Matsum M.Ag, mengatakan, bahwa rekomendasi ini dibuat khusus kepada Pemko Medan agar peran serta MUI benar-benar dilibatkan dalam menyusun program-program keumatan. "MUI akan mengawal rekomendasi ini agar kemitraan antara MUI dengan Pemko Medan berjalan sesuai harapan," ujar Hasan Matsum. 

Hasan Matsum berharap program kerja yang sudah disusun agar dapat dijalankan. "Mari kita serius dan bersungguh-sungguh untuk menjalankan program kerja ini," katanya. 

Sementara Ketua Panitia Rakerda, H Burhanuddin Damanik menyampaikan terimakasih kepada peserta yang terdiri dari Dewan Pengurus MUI Kota Medan, Ketua dan Sekretaris Komisi dan Bidang, serta Ketua dan Sekretaris MUI Kecamatan se Kota Medan, yang telah bersungguh-sungguh mengikuti Rakerda ini.

Berikut rekomendasi yang disampaikan kepada Pemko Medan, yakni kepada Pemerintah Kota Medan agar:

1. MUI dilibatkan secara aktif dalam merancang dan memberi masukan terhadap program kerja masjid mandiri sebagai bagian dari program kerja unggulan Pemko Medan.

2. MUI Kota Medan meminta dalam program kerja masjid mandiri juga bertujuan untuk menguatkan ghirah keislaman dan penguatan terhadap aqidah serta ukhuwah islamiyah melalui masdjid di samping kesejah teraan ekonomi masyarakat.

3. Kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial keagamaan apalagi dalam bentuk kebijakan -kebijakan yang berhubungan dengan keumatan dan kemasyarakatan agar melibatkan secara aktif MUI Kota Medan.

4. Memberikan dana hibah mandiri kepada MUI Kecamatan se Kota Medan sebagai bagaian dari implementasi mewujudkan ukuwah islamiyah dan kesejahteraan umat Islam di Kota Medan.

5. Meminta Pemko Medan memberikan perhatian khusus terhadap sertifikasi tanah wakaf,masjid,mushala dan perkuburan muslim di Kota Medan.

Selain itu juga direkomendasi untuk MUI Sumut agar secara aktif melibatkan MUI Kota Medan dalam program-program yang berhubungan dengan masyarakat Kota Medan, termasuk hal-hal yang sifatnya fatwa yang berhubungan dengan akidah, ibadah, dan muamalah.

Kepada MUI Kecamatan se Kota Medan agar ikut serta aktif dalam menangani masalah-masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, dan mengarsipkan seluruh masalah tersebut sehingga menjadi muatan dan masukan kepada Wali Kota Medan.

Khusus pada tahun-tahun dimana virus Covid-19 masih mewabah, agar seluruh pengurus MUI Kota Medan dan Kecamatan turut serta mendukung pemerintah dalam berbagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Selain rekomendasi dalam Rakerda ini juga disusun program-program kerja melalui masing-masing komisi dan bidang di MUI Kota Medan.