Ramadhan dan Semangat Entrepreneur

RAMADHAN DAN SEMANGAT ENTREPRENEUR

1 tahun 3 bulan 6 hari 4 jam 56 menit yang lalu 21 Apr 2023 Tanya Jawab 887
Ket Gambar :

Ramadhan dan Semangat Entrepreneur

Oleh Wulan Dayu

Komisi Pemberdayaan Ekonomi Ummat MUI Kota Medan

Pertanyaan:

Apakah hasil dari berpuasa di bulan Ramadan ini hanya fokus membentuk karakter ketaatan secara ritual saja, Apakah ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan? (Windu Anggara)

Jawab.

Salah satu kehebatan bulan Ramadan ini adalah sebagai bulan yang di dalamnya banyak rahasia yang Allah simpan, maka siapapun orang-orang yang mau beradaptasi dengan rahasia tersebut, maka Allah akan membuka dan memberikannya sebagai manfaat dan kebaikan.

Salah satu nilainya adalah menjadikan diri sebagai orang yang energik untuk berikhtiar pada urusan keduniaan. Bukan berarti dunia yang menjadi satu-satunya tujuan, Justru pada saat orang berpuasa maka banyak diantara orang yang berpuasa tersebut mendapat ide untuk melakukan aktivitas yang menghasilkan keuntungan.  Justru saat itu yang paling menarik adalah hilangnya rasa letih dan lelah padahal dia sedang tidak makan dan tidak minum, dia meyakini Allah memberi pertolongan yang sempurna sebab dia sedang berusaha.

Maka salah satu kehebatan yang bisa kita ambil dari Ramadan ini adalah, bulan yang penuh berkah yang mampu menghidupkan jiwa entrepreneurship seseorang, dengan landasan berbaik sangka kepada semua ikhtiar yang sedang dijalankan. Maka sempurnalah posisi manusia sebagai makhluk yang berusaha.

Oleh karena itu, umat muslim tidak boleh lemah pada urusan keduniaan ketika bulan Ramadan sebab bulan Ramadan akan melahirkan optimisme dan rasa percaya diri untuk mendapatkan secara ikhtiar apa yang sedang diusahakan.

Insya Allah kita semua akan berhasil menggali rahasia yang tersimpan dari keberadaan bulan Ramadan ini.